Ini Janji Zuckerberg Lindungi Data Pengguna Facebook

Ini Janji Zuckerberg Lindungi Data Pengguna Facebook –┬áPendiri Facebook mengungkapkan langkah-langkah yang diambil oleh perusahaan tersebut dalam menangani krisi yang mereka alami saat ini. Apa saja?

Agen piala dunia 2018
Ini Janji Zuckerberg Lindungi Data Pengguna Facebook

Lewat tulisan di akun Facebook miliknya, Mark Zuckerberg memberi pernyataan mengenai apa yang terjadi dalam kasus penyelahgunaan data 50 juta pengguna jejaring sosial tersebut. Zuck berjanji Facebook akan melakukan sejumlah tindakan agar data penggunanya lebih terlindung.

Agen piala dunia 2018

“Dalam kasus ini, kami sudah menjalankan langkah paling penting beberapa tahun lalu, yaitu pada 2014, untuk mencegah aktor-aktor jahat dalam mengakses informasi pengguna Facebook,” tulisnya.

Meski begitu, ia menambahkan, masih terdapat pekerjaan rumah yang harus dituntaskan oleh Facebook dalam benar-benar mencegah kasus serupa kembali terjadi. Ia menjabarkan tugas jejaring sosial tersebut dalam tiga tahap

Pertama, kami akan menginvestigasi seluruh aplikasi yang mengakses informasi pengguna Facebook dalam jumlah besar sebelum diberlakukannya kebijakan baru mengenai akses data pada 2014. Kami juga akan melakukan audit secara keseluruhan terhadap seluruh aplikasi yang melakukan aktivitas mencurigakan,” tulis Zuck.

Jika pihaknya menemukan aplikasi yang menyalahgunakan informasi pengguna Facebook, maka pemblokiran menjadi keputusan yang diambil. Pemblokiran tersebut berkaitan dengan ditutupnya akses aplikasi tersebut terhadap layanan Facebook.

Selain itu, Zuck juga mengatakan akan memberi tahu kepada siapapun yang terdampak pada penyalahgunaan data tersebut. Para korban dari penyalahgunaan data 50 juta user yang diangkut perusahaan Cambridge Analytic pun juga tidak luput dari penerima informasi tersebut.

“Kedua, kami akan semakin memperketat akses data dari pengembang aplikasi lebih jauh lagi untuk mencegah kasus serupa. Contohnya, kami akan menghapus akses pengembang terhadap data pengguna Facebook jika user bersangkutan tidak menggunakan aplikasi pihak ketiga itu selama tiga bulan,” tulisnya.

“Kami juga akan mengurangi data yang diberikan pengguna Facebook pada aplikasi pihak ketiga yang mereka gunakan jadi hanya nama, foto profil, dan alamat email. Kami akan mewajibkan para pengembang tak hanya mendapat persetujuan kami, namun juga menandatangani kontrak terkait dengan permohonan mereka untuk meminta akses terhadap unggahan pengguna Facebook maupun informasi sensitif lain,” ia menambahkan.

Lalu, yang ketiga, Zuck mengatakan bahwa pihaknya akan memastikan setiap orang untuk mengetahui aplikasi pihak ketiga apa saja yang diizinkan oleh Facebook dalam mengakses data penggunanya.

“Dalam sebulan ke depan, kami akan menunjukkan semua orang sebuah tool di atas News Feed berisi aplikasi pihak ketiga yang telah mereka gunakan. Lalu, akan muncul juga cara mudah untuk mencabut izin dari pihak pengembang dalam mengakses data pribadi tersebut. Kami sudah memiliki tool tersebut di dalam pengaturan privasi Facebook, dan kini kami akan meletakkannya di atas News Feed untuk memastikan semua orang melihatnya,” tulisnya menjelaskan.

Dalam beberapa hari ke depan, Zuck mengatakan bahwa pihaknya akan memberikan sejumlah perkembangan lain mengenai tindakan Facebook, terutama mengenai kebijakan akses data oleh pengembang pihak ketiga. Ia pun memastikan bahwa langkah-langkah tersebut akan terus dilanjutkan untuk membuat platform besutannya itu semakin aman.

Ini Janji Zuckerberg Lindungi Data Pengguna Facebook

Posted By :

GOODBOLA77

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *